Minggu, 08 Januari 2012

Tipe Orang yang Tidak Boleh Pakai Lensa Kontak

Jakarta, Soft lens atau lensa kontak saat ini tidak hanya digunakan untuk membantu penglihatan, tapi juga untuk gaya-gayaan. Tapi tidak semua mata bisa menggunakan soft lens terutama pada tipe-tipe orang di bawah ini.

"Tidak semua mata bisa boleh menggunakan soft lens," ujar Dr Tri Rahayu, SpM, FIACLE dalam acara talkshow Pemakaian Soft Lens Lebih dari 8 Jam Berpotensi Membuat Mata Kekurangan Oksigen di restoran Bunga Rampai, Jakarta, Senin (11/7/2011).

Tipe-tipe orang yang tidak boleh menggunakan soft lens ini, menurut Dr Tri adalah:
1. Orang-orang dengan mata yang sedang mengalami infeksi aktif
2. Orang-orang dengan mata yang sedang mengalami peradangan aktif

"Ada pula orang yang mengalami kontra indikasi relatif yang perlu pengawasan secara hati-hati," ujar dokter yang menjadi Kepala Divisi Refraksi dan Lensa Kontak Departemen Mata FKUI-RSCM.

Tipe orang-orang yang mengalami kontra indikasi relatif yaitu:
1. Orang dengan gangguan mata kering.
Untuk yang mengalami mata kering ringan masih diperbolehkan menggunakan kontak lensa tapi dengan pengawasan ketat, tapi jika mengalami mata kering berat maka disarankan tidak menggunakan lensa kontak.
2. Orang dengan mata yang mengalami gangguan perabaan seperti sensitivitas kornea yang berkurang.

"Orang dengan sensitivitas yang berkurang akan tidak merasa apa-apa kalau ada sesuatu yang tidak nyaman dengan korneanya," ujar Dr Tri.

Umumnya kondisi-kondisi ini disebabkan oleh beberapa pengakit seperti penyakit saraf atau stroke ringan, dan jarang sekali terjadi sejak lahir.

Dr Tri mengingatkan agar tidak sembarangan menggunakan lensa kontak, karenanya perlu dilakukan pemeriksaan mata terlebih dahulu untuk menentukan apakah ia cocok menggunakan lensa kontak atau tidak, mencegah masalah dan mendiagnosa masalah.

"Selama pemakaian lensa kontak sebaiknya si pemakai melakukan pemeriksaan rutin setiap 6 bulan sekali, tapi kalau ada keluhan jangan menunggu sampai 6 bulan," ujar Dr Tri yang juga menjadi ketua contact lens center di Jakarta Eye Cent
(ver/ir)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar