Minggu, 08 Januari 2012

tulisan lahirnya VOC

LAHIRNYA VOC
Pada tahun 1598, untuk kedua kalinya armada Belanda tiba di Banten.Armada ini dipimpin oleh Jacob van Neck,disusul kemudian oleh armada pimpinan Warwijk.Sejak saat itu orang-orang Belanda berlomba lomba datang ke Indonesia.
Untuk memenangkan persaingan dagang dengan bangsa erpa lainnya dan diantara sesama bangsa Belanda sendiri.Belanda membentuk persatuan dagang.Didirikan pada tanggal 20 maret 1602,namanya ialah Vereenigde Oostindische Compagnie (VOC), artinya Persatuan Dagang Hindia Timur.
Untuk kelancaran usahanya, pemerintah Belanda memberikan hak monopoli kepada VOC, antara lain sebagai berikut.
1) Membuat perjanjian dengan raja-raja.
2)Menyatakan perang dan mengadakan perdamaian.
3)Membuat senjata dan mendirikan benteng.
4)Mencetak uan.
5)Mengangkat dan memberhentikan pegawai.
Pieter Both diangkat sebagai Gubernur Jendral VOC yang pertama, berkedudukan di Ambon. Ketika Jan Pieterszoon Coen menjadi Gubernur Jendral, pusat VOC dipindahkan ke Jayakarta (Jakarta) pada tanggal 31 mei 1619. Nama Jayakarta di ganti menjadi Batavia. Alasan pemindahan markas ke Batavia adalah letaknya yang strategis dan lebih dekat ke Tanjung Harapan.Sejak bermarkas di Batavia sikap VOC semakin kasar dan mulai menjajah bangsa Indonesia.Akibatnya timbul perlawanan di mana-mana.
Menjelang abad ke 19 keadaan keuangan VOC semakin memburuk, sehingga VOC mengalami kebangkrutan.Melihat keadaan ini, pada tanggal31 desember 1799,VOC dibubarkan.Kekuasaan VOC di Indonesia diambil alih oleh pemerintah Belanda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar